Yakub Menjadi Israel

Spread the love

Yakub Menjadi Israel

Kejadian 34-35

Marilah kita bersiap dan pergi ke Betel; aku akan membuat mezbah di situ bagi Allah, yang telah menjawab aku pada masa kesesakanku dan yang telah menyertai aku di jalan yang kutempuh.

Firman Allah kepadanya: “Namamu Yakub; dari sekarang namamu bukan lagi Yakub, melainkan Israel, itulah yang akan menjadi namamu.” Maka Allah menamai dia Israel.

Yakub seorang yang tahu berterimakasih kepada Tuhan. Ia selalu ingat untuk mendirikan mezbah bagi Tuhan, sebagai rasa syukurnya atas segala berkat dan penyertaan Tuhan yang ia telah terima disepanjang hidupnya.

Nama Yakub mempunyai arti “penipu” yang melakukan segala cara demi kepentingan pribadi. Kita ingat bagaimana Esau berkata: “Bukankah tepat namanya Yakub, karena ia telah dua kali menipu aku. Hak kesulunganku telah dirampasnya, dan sekarang dirampasnya pula berkat yang untukku.”

Dan memang tepat seperti namanya, Yakub banyak melakukan penipuan selama hidupnya.

Namun kemudian Tuhan mengubah nama Yakub menjadi menjadi ISRAEL yang berarti orang yang bergumul dengan Allah atau orang yang bertahan sampai akhir atau “Allah menang”. Dengan nama yang baru, Tuhan sedang merubah status Yakub dari seorang penipu menjadi seorang yang menang, seorang yang bertahan sampai akhir.

Siapapun kita hari ini, Tuhan sangat sanggup untuk mengubahkan dan memulihkan kita menjadi yang baru. Mari minta hati yang baru, minta selalu sehati dan sepikir dengan Kristus. Sehingga semakin hari kita akan semakin disempurnakan, menjadi serupa dan segambar dengan Kristus. Amin. Haleluya 🙏😇

Yakub Menjadi Israel
fr: Ev. Agatha Lia Wijayanti, ST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*