Menegur

Spread the love

Menegur

Sesungguhnya, berbahagialah manusia yang ditegur Allah; sebab itu janganlah engkau menolak didikan Yang Mahakuasa. Karena Dialah yang melukai, tetapi juga yang membebat; Dia yang memukuli, tetapi yang tangan-Nya menyembuhkan pula.
Ayub 5:17‭-‬18

Ternyata salah satu bentuk dari rasa sayang adalah ditegur hihi 😁
Pas banget sama yang kemaren bu gem sampaikan, bahwa kalau dia menegur artinya dia sayang. Dia berusaha untuk membuat kita menjadi lebih baik, kalau ada yang kurang pas atau mulai menyerong yaa memang perlu ditegur.

Pada dasarnya ditegur emang ga enak, karena itu suka menyinggung perasaan kita yang kadang merasa sudah benar. Tapi kalau ternyata itu adalah bentuk rasa sayang? Masa si kita ga suka kalau disayang?

Rasa sayang itu ternyata ga selalu ditunjukin dengan perbuatan-perbuatan manis ajaa, tapi juga perbuatan-perbuatan yang siap menentang, siap marah, siap memberi tahu kalau ada perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai.

Menegur perlu dilakukan ketika kita tau bahwa orang yang kita kasihi itu sedang melakukan hal-hal yang tidak seharusnya atau salah.
Tapi kita tahu disini dipasal ini bahwa Elifas sahabat Ayub sedang mencari-cari kesalahan Ayub, menyambung-nyambungkan apa yang terjadi sama Ayub sekarang karena kesalahan-kesalahan yang Ayub pernah lakukan bukan untuk menegur karena rasa sayang. Padahal kita tahu bahwa Ayub adalah orang yang sangat saleh, dan Tuhan mengijinkan Ayub mendapatkan semua penderitaan itu bukan berniat untuk menghukum Ayub atau menegur Ayub, tapi untuk membuktikan bahwa apa yang dikatakan iblis tentang Ayub itu salah dan sekalipun Ayub mengalami penderitaan, Tuhan tau bahwa Ayub akan tetap setia kepada Tuhan.

Kata-kata Elifas memang ga salah, tapi tidak tepat untuk Ayub. Benar bahwa Tuhan memang akan mendidik orang yang dikasihiNya, tetapi dalam kasus Ayub itu beda case. Kita bisa menasehati orang lain, tapi tidak menghakimi. Intinya kalau kita sayang sama orang, kita bisa menegur dia, tapi tidak juga menghakimi dia. Apalagi menyambung-nyambungkan perbuatan dia dimasa lalu dengan kesusahan dia sekarang. Jadi hendaklah hati-hati dalam menegur.

Haleluya 🌎

Menegur

Riris Nainggolan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*