MENANG MENGHADAPI PENCOBAAN

Spread the love

MENANG MENGHADAPI PENCOBAAN

Wahyu 3:10 (TB)
Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

Shalom Keluarga Yesus, pencobaan disini dikaitkan dengan kisah kehidupan Yusuf.

Ada tiga macam pencobaan yang dialami oleh Yusuf, yaitu;

1. PENCOBAAN KEBENCIAN
Kejadian 37:4 (TB)
Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya, bahwa ayahnya lebih mengasihi Yusuf dari semua saudaranya, maka BENCILAH mereka itu kepadanya dan tidak mau menyapanya dengan ramah.

Yusuf dibenci oleh kakak-kakaknya, karena hanya Yusuf yang dibuatkan jubah maha indah oleh ayahnya Yakub

Tetap menang menghadapai kebencian-kebencian sampai kebencian tanpa sebab atau alasan.

Yohanes 15:25 (TB)
Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.

2. PENCOBAAN KENAJISAN
Kejadian 39:10 (TB)
Walaupun dari hari ke hari perempuan itu membujuk Yusuf, Yusuf tidak mendengarkan bujukannya itu untuk tidur di sisinya dan bersetubuh dengan dia.

Saat Yusuf menghadapi istri Potifar, terus dicobai untuk melakukan hal kenajisan.

Kita harus menang menghadapi perkara-perkara dosa baik itu kejahatan maupun kenajisan. Tetap hidup dalam kesucian, bahkan menjadi teladan dalam hal kesucian seperti Yusuf apapun resikonya.

1 Timotius 4:12 (TB)
Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

3. PENCOBAAN PENDERITAAN (PENJARA)
Kejadian 39:20 (TB)
Lalu Yusuf ditangkap oleh tuannya dan dimasukkan ke dalam penjara, tempat tahanan-tahanan raja dikurung. Demikianlah Yusuf dipenjarakan di sana.

Yusuf dipenjarakan sekalipun tidak bersalah. Menghadapi fitnahan, hal-hal yang tidak menyenangkan, sampai kepada penderitaan sekalipun kita sudah benar bahkan hidup dalam kesucian, kita harus tetap menang menghadapi penderitaan itu.

Yusuf berkemenangan menghadapi pencobaan demi pencobaan sebab Yusuf tau dan mengerti rencana Tuhan yang indah. Yusuf tahu bahwa Allah menyertai, Yusuf percaya Allah buat berhasil hidupnya.

Kejadian 39:2 (TB)
Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.

APAKAH RESPON KITA ?

TETAP BERKEMENANGAN MENGHADAPI PENCOBAAN HIDUP DAN TAHU AKAN RENCANA ALLAH YANG INDAH SERTA YAKIN PENYERTAAN TUHAN YANG MEMBUAT HIDUP KITA BERHASIL.
👌👍🕊️🕊️🕊️😇
Selamat hari Minggu, selamat beribadah dan melayani Tuhan. Tetap berjaga-jaga dan berdoa, tetap semangat dan selalu bersyukur, Tuhan Yesus memberkati.
AMIN IMANUEL

MENANG MENGHADAPI PENCOBAAN

Pdt. Poltak Pasaribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*