Komitmen Gad dan Ruben terhadap janjinya kepada TUHAN

Spread the love

Komitmen Gad dan Ruben terhadap janjinya kepada TUHAN

Bilangan 32:24 (TB) Dirikanlah kota-kota bagi anak-anakmu dan kandang-kandang bagi kambing dombamu, dan perbuatlah apa yang telah kamu ucapkan.”

Komitmen Gad dan Ruben terhadap janjinya kepada TUHAN

Ayat 24 ini merupakan hasil negosiasi Bani Gad dan Bani Ruben dg Musa.
Ruben dan Gad yang memiliki banyak ternak melihat bahwa tanah Yaezer dan Gilead sangat baik untuk tempat ternak makan rumput sehingga mereka memohon kepada Musa untuk tinggal di sana. Musa khawatir bahwa menetapnya dua suku di bagian itu dari Sungai Yordan dapat mematahkan semangat bangsa itu sebagaimana terjadi tiga puluh tujuh tahun sebelumnya karena “kabar busuk” yang disampaikan oleh 10 orang para pengintai.

Dia mengingatkan mereka tentang akibat menyedihkan dari ketidakpercayaan ayah-ayah mereka sebelumnya di Kadesy. Menurut Musa, jika sekarang mereka juga mengelak untuk berhadapan dengan musuh, maka akibatnya akan sama dan bangsa Israel akan dihancurkan.

Ruben dan Gad menerima nasihat ini dan bersedia ikut berperang bersama saudara-saudara mereka sampai semua menetap di bagian warisan masing-masing, barulah mereka kembali ke tempat mereka. Musa menyetujui permohonan mereka dengan peringatan terakhir bahwa mengurangi sedikit saja janji mereka akan berarti dosa. Kemudian Musa menambahkan, ‘Dosamu itu akan menimpa kamu” (ay 23).

Kedua suku itu berjanji untuk melaksanakan apa yang dikatakan Musa (ay 25). Dengan demikian suku Ruben, Gad dan setengah suku Manasye memperoleh sejumlah besar kota di seberang Yordan. Mereka membangun kembali kota-kota itu dan memberinya nama baru serta membangun tempat-tempat bertembok untuk ternak mereka.

Dan di Yosua 22:1-8, kita bisa melihat bahwa Gad dan Ruben komitmen dan memelihara janjinya kepada Tuhan, maka TUHAN memberkati mereka.

Yosua 22:1-2 (TB) Lalu Yosua memanggil orang Ruben, orang Gad dan suku Manasye yang setengah itu,
dan berkata kepada mereka: “Kamu telah memelihara segala yang diperintahkan kepadamu oleh Musa, hamba TUHAN itu, dan telah mendengarkan perkataanku dalam segala yang kuperintahkan kepadamu.

Yosua 22:6 (TB) Lalu Yosua memberkati mereka dan melepas mereka pergi. Maka pulanglah mereka ke kemah mereka.

Haleluya

Komitmen Gad dan Ruben terhadap janjinya kepada TUHAN – Pdt. Dr. Ir. Douglas Manurung, MBA, MSi

BACA JUGA:

TETAP SAKSIKAN LAGU ROHANI & KHOTBAH KRISTEN DI CHANNEL YOUTUB KITA. (KLIK SAJA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*