Iman adalah Dasar dari Segala Sesuatu yang Kita Harapkan

Spread the love

Iman adalah Dasar dari Segala Sesuatu yang Kita Harapkan

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. (Ibrani 11:1)

Iman adalah Dasar dari Segala Sesuatu yang Kita Harapkan

Iman adalah Dasar dari Segala Sesuatu yang Kita Harapkan

Pada pasal ini, Kitab Ibrani menyuguhkan dan menerangkan teladan-teladan iman. Pasal ini memberikan sederatan teladan-teladan di dalam iman, sederetan pahlawan-pahlawan iman. Pasal 11 ini menceritakan bagaimana pahlawan-pahlawan itu telah melewati penderitaan dan tantangan itu dengan tabah, dan akhirnya sampai kepada akhir yang begitu cemerlang. Mendapatkan hasil dari iman mereka. Pasal 11 ini hendak mengatakan kepada kita bahwa inilah iman, inilah para teladan teladan, inilah saksi-saksi iman itu, inilah pahlawan-pahlawan iman itu, teladanilah dan lakukanlah seperti yang mereka lakukan.

Apakah iman itu? ayat ini berkata, iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan… artinya adalah dasar keyakinan, suatu kepastian yang mendasar, yang terlihat jelas oleh mata rohani. Apa yang kita harapkan kita mengetahui bahwa segala sesuatu yang kita harapkan itu sebenarnya sudah tersedia bagi kita walaupun kita tidak melihatnya.

“…bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” Kalimat ini mengatakan bahwa kita dapat melihat apa yang tidak kelihatan. Nats ini berkata bahwa Iman memperlihatkan segala sesuatu yang tidak kelihatan. Mata iman dapat melihat apa yang tidak tampak oleh mata jasmani. Mata jasmani memang tidak dapat melihatnya, tetapi oleh Iman, semua yang tidak kelihtan oleh mata jasmani itu, sangat terlihat jelas oleh mata rohani kita, sehingga dapat kita katakan bahwa Iman inilah yang menjadi buktinya, bukti dari segala yang tidak kita lihat itu.

Orang percaya berhak untuk mendapatkan jawaban atas setiap doanya. Namun kunci untuk mendapatkannya adalah IMAN. Terus darimanakah asalnya iman itu? Roma 10:17 mengatakan: Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Ingin mendapatkan jawaban atas doa? IMAN.
Ingin mendapatkan IMAN? Dengarkan dan atau baca firman TUHAN.

Haleluya.

Iman adalah Dasar dari Segala Sesuatu yang Kita Harapkan
fr: Ventaris Saragih

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*