ENGKAU HARUS MENGENAL DIA

Spread the love

ENGKAU HARUS MENGENAL DIA

*_Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib (2 Petrus 1:3)._*

Efesus 1:3 berkata Allah telah memberkati engkau dengan segala berkat rohani yang dari sorga dalam Kristus Yesus; dan 1 Korintus 3:21 menyatakan, _“sebab segala sesuatu adalah milikmu.”_ Allah telah memberikanmu segala yang engkau butuhkan untuk hidup berkemenangan dan dalam kesuksesan. Sementara dalam ayat pembuka, kita dapat perhatikan bahwa ada satu elemen penting: yaitu _“pengenalan akan Dia”_ Tidak ada satupun yang engkau perlukan atau inginkan untuk hidup yang saleh yang tidak engkau miliki di dalam Kristus, namun untuk menjadikannya nyata dalam hidupmu tergantung pada pengenalanmu akan Dia.

Jenis pengenalan yang penuh, pengenalan pasti _“epignosis”_ (Yunani). Penyediaan Allah tidak akan terjadi dalam hidupmu hanya karena tertulis dalam lembaran Alkitab; ada pengenalan akan Dia yang harus engkau miliki; pengenalan yang menyatukan antara yang mengenali dan yang dikenali; pengenalan melebihi indra; pengenalan spesifik, tanpa asumsi.

Hal yang sangat indah dan penuh kuasa dalam pengenalan akan Tuhan adalah selain mengenal Dia dan mendapatkan segala yang Ia berikan kepadamu, engkau juga semakin mengenal dirimu. Semakin engkau mengenal Dia, semakin engkau mengenal dirimu sendiri; Dia cerminan dirimu. Firman-Nya cerminan dirimu; di dalam Dia, engkau melihat dirimu sendiri. Engkau tidak akan mengenal dirimu sendiri seperti Allah mengenalmu sebelum engkau mengenal Dia. Dia menciptakanmu; jadi hanya Dia yang mengetahui apa yang ada dalammu dan apa yang engkau dapat lakukan; Dia sendiri dapat menyingkapkan dirimu kepadamu.

Karena itu, jalan untuk mengenal Dia, dan menemukan dirimu yang sesungguhnya, adalah dengan mempelajari dan merenungkan Firman Tuhan. 2 Korintus 3:18 menunjukkan Firman Tuhan menjadi cermin Tuhan untuk menyingkapkan gambaran dirimu yang sesungguhnya. Disitu dikatakan, _“Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”_ Carilah dan temukan siapa dirimu sebenarnya, dengan melihat cermin Tuhan, dengan semakin mengenal Tuhan. Saat di mana engkau mendapati apa yang Firman katakan merupakan milikmu, atau siapa dirimu menurut Firman, responi dengan memperkatakannya dengan iman. Begitulah cara untuk memperoleh apa yang Firman katakan agar terjadi dalam hidupmu.

*DOA*
Bapa terkasih, kubersyukur Engkau telah memberiku semua yang kubutuhkan menjalani kesuksesan dan kemenangan ilahi didunia ini. Aku dipenuhi dan dilimpahi berkat; dan saat aku memandang Firman-Mu, aku diubahkan, kemuliaan-Mu dinyatakan dalamku, dan melaluiku. Dalam Nama Yesus. Amin.

*PENDALAMAN ALKITAB*
Filipi 3:10 Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,

Yohanes 10:15 sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.

ENGKAU HARUS MENGENAL DIA
Ps. Paul Andra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*