Disiplin Rohani

Spread the love

Disiplin Rohani
Daniel 6:4
Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.

Keluarga Yesus, Alkitab menyatakan Daniel mempunyai roh yang luar biasa, artinya Daniel memiliki kemampuan di atas rata rata. Ini merupakan buah kedisiplinannya dalam membangun iman, melalui persekutuan yang karib dengan Tuhan. Karena memiliki persekutuan yang karib dengan Tuhan ini Daniel mendapatkan penglihatan dari Tuhan. Meski demikian hal itu tak membuatnya menjadi sombong rohani! Hanya kepada orang orang yang bergaul karib dengan Dia Tuhan akan menyatakan kehendak dan rencana Nya, seperti yang pemazmur tulis: “TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian Nya diberitahukan Nya kepada mereka.” (Mazmur 25:14)

Bukti bahwa Daniel memiliki kedisiplinan rohani, di antaranya adalah: ” Daniel, memperhatikan dalam kumpulan Kitab jumlah tahun yang menurut firman TUHAN kepada nabi Yeremia akan berlaku atas timbunan puing Yerusalem, yakni tujuh puluh tahun.” (Daniel 9:2). Kalimat “memperhatikan dalam kumpulan kitab” ini menunjukkan bahwa Daniel senantiasa merenungkan firman Tuhan siang dan malam. Inilah yang menjadi kunci sukses hidupnya! ” yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.” (Mazmur 1:2 3). Kuasa firman itulah yang bekerja di dalam diri Daniel, sebab ” firman Ku yang keluar dari mulut Ku: ia tidak akan kembali kepada Ku dengan sia sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.” (Yesaya 55:11)

Selain itu Daniel adalah seorang pendoa: tiga kali sehari ia berdoa dan memuji Tuhan (Daniel 6:11); ia juga suka berpuasa: “Pada waktu itu aku, Daniel, berkabung tiga minggu penuh: makanan yang sedap tidak kumakan, daging dan anggur tidak masuk ke dalam mulutku dan aku tidak berurap sampai berlalu tiga minggu penuh.” (Daniel 10:2 3)

APAKAH RESPON KITA ?

BELAJAR MAU MENJADI KEHIDUPAN SEPERTI DANIEL, MENJADI PRIBADI YANG LUAR BIASA. MILIKILAH KEDISIPLINAN ROHANI SEPERTI DANIEL.


Selamat berkarya, Tuhan buat berhasil dan beruntung. Tetap kuat teguh hati, tetap semangat dan selalu bersyukur.
Tuhan Yesus Memberkati.
AMIN IMANUEL

Disiplin Rohani

Fr: Pdt. Poltak Pasaribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*