Daud Tidak Mengecek Kebenaran Berita Yang Ia Terima

Spread the love

Daud Tidak Mengecek Kebenaran Berita Yang Ia Terima

2 Samuel 16:1-2 (TB)
Ketika Daud baru saja melewati puncak, datanglah Ziba, hamba Mefiboset, mendapatkan dia membawa sepasang keledai yang berpelana, dengan muatan dua ratus ketul roti, seratus buah kue kismis, seratus buah-buahan musim panas dan sebuyung anggur.
Lalu bertanyalah raja kepada Ziba: “Apakah maksudmu dengan semuanya ini?” Jawab Ziba: “Keledai-keledai ini bagi keluarga raja untuk ditunggangi; roti dan buah-buahan ini bagi orang-orangmu untuk dimakan; dan anggur ini untuk diminum di padang gurun oleh orang-orang yang sudah lelah.”

Pertemuan Daud dengan Ziba ini menunjukkan kembali kepada kita sifat Daud yang unik di dalam Kitab 2 Samuel ini. Pertemuan dengan Ziba menyoroti sifat Daud yang tidak pernah mengecek kebenaran berita dan langsung mengambil keputusan. Ini dilakukan Daud ketika ada yang mengabarkan tentang kematian Saul (2 Sam. 1:14-16), atau ketika ada yang mengabarkan tentang kematian seluruh anak-anak raja (2 Sam. 13:30-32), atau pada bagian ini ketika Ziba mengunjungi dia. 

Tanpa mengecek berita kembali atau memastikan berita, Daud langsung menyatakan : Kepunyaanmulah segala kepunyaan Mefiboseth” ay 4. Padahal Ziba hanya melakukan fitnah ay 3.

Untuk menghindari kesalahan di dalam mengambil keputusan, hendaknya cek kebenaran berita terlebih dahulu perlu kita lakukan.

Haleluya

Daud Tidak Mengecek Kebenaran Berita Yang Ia Terima

Pdt. Dr. Ir. Douglas Manurung, MBA, MSi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*