BERTINDAKLAH JANGAN TAWAR HATI

Spread the love


BERTINDAKLAH JANGAN TAWAR HATI

Mazmur 40:5
“Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN,”

Keluarga Yesus, Raja Daud membuat keputusan yang sangat bijak saat ia sedang dalam keadaan terjepit, yaitu lari kepada Tuhan dan berharap pertolongan dari Nya. Ia menyadari bahwa sekuat apapun, sehebat apa pun dia, dan sepintar apa pun otaknya, manusia tetaplah penuh keterbatasan. Karena itu Daud tahu benar dan sangat yakin bahwa janji Tuhan bukanlah seperti janji manusia, yang begitu mudah berubah dan seringkali tak ditepati, sedangkan janji Tuhan adalah ya dan amin, bukan sekedar meninabobokkan atau halusinasi. “Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah.” (Mazmur 12:7)

Itulah sebabnya Daud tidak pernah berhenti untuk berharap kepada Tuhan, “Aku sangat menanti nantikan TUHAN; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong.” (Mazmur 40:2)

Melalui pengalaman hidup dari Daud ini hendaknya iman dan roh kita semakin diteguhkan di dalam Tuhan dan semangat kita dalam menjalani hdiup ini kembali bangkit, sekalipun ujian dan tantangan menghadang langkah kita. Kita harus punya keyakinan bahwa semakin besar tantangan yang kita hadapi semakin besar pula mujizat yang akan kita peroleh dari Tuhan. Agar janji Tuhan itu kita dapatkan, kita harus bertindak dengan iman untuk meraihnya, bukan tawar hati. Jangan seperti 10 orang pengintai, dari 12 orang diutus Musa, yang hatinya langsung tawar, pesimis, dan langsung menyerah sebelum berperang. Jadilah seperti Kaleb dan Yosua yang memiliki keberanian untuk menghadapi musuh di kala semua orang mengalami ketakutan. ” Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!”” (Bilangan 13:30)

Keberanian Kaleb dan Yosua ini bukanlah tindakan yang nekat dan tanpa alasan, karena mereka tahu benar bahwa Tuhanlah yang akan menyertai mereka dan bersama Tuhan segala sesuatu pasti berhasil. Perhatikan pernyataan iman Daud ini, “Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan Mu yang ajaib dan maksud Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung.” (Mazmur 40:6)

APAKAH RESPON KITA ?

*JANGAN TAKUT DAN TAWAR HATI, TETAP MENARUH HARAP PADA TUHAN YESUS.
*Amsal 24:10*
Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.
👍👌
Selamat berkarya, Tuhan buat berhasil dan beruntung. Tetap kuat teguh hati, tetap berharap, tetap semangat dan selalu bersyukur. Tuhan Yesus Memberkati.
AMIN IMANUEL

BERTINDAKLAH JANGAN TAWAR HATI

Fr: Pdt. Poltak Pasaribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*